CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 14 Oktober 2007

PRANCIS



prancis adalah salah satu negara pembuat parfum terbesar di dunia. pabrik fragonard lah yang menjadi tolak ukur penghasil parfum di negara ini. pabrik fragonard ini terletak di daerah Nice yang dekat pantai. pabrik ini letaknya juga sangat dekat dengan Kerajaan Monaco, kerajaan kecil yang kaya raya. tidak hanya pabrik, ditempat ini juga ada sebuah museum wangi-wangian kecil. yang di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi parfum kuno.


Botol Cantik So ExsPensive

jika melihat parfum-parfum yang dijual, tentu kita akan kagum pada bentuknya yang cantik-cantik. bahkan, tak jarang sedikit orang yang membeli parfum hanya karena tertarik pada bentuk botolnya.

nah, ternyata, botol-botol cantik itu harganya mahal lo!
konon, harga pembuatan botol dan pembungkus parfum bisa mencapai 60% dari harga parfum tsb. misalnya aja, harga sebuah parfum Rp 100.000,00 maka harga pembuatan botol dan pembungkusnya bisa mencapai Rp 60.000,00 mahal buangget ya???

bahan pembuatan botol yang paling bagus adalah terbuat dari aluminium, tentunya wanginya akan menjadi lebih awet.


REBUS SAMPAI WANGI

agar bisa membuat parfum, bahan pembuatan harus di suling terlebih dahulu. caranya, dengan merebus bahan pembuatan wangi-wangian hingga 100 derajat celcius di dalam alat penyulingan. melalui proses ini, akan diperoleh minyak wangi. barulah setelah itu minyak wangi dicampur aduk dengan bahan-bahan lain hingga terciptalah pewangi yang diinginkan. pewangi yang dimaksudkan tidak hanya parfum melainkan sabun, krim pelembut tubuh, dll


DARI BUNGA SAMPAI MAKANAN

bunga adalah bahan utama pembuatan wangi-wangian yang paling utama. seperti melati, mawar, lily, dll. namun ternyata wangi-wangian beraroma bunga mawar itu sulit di dapat. soalnya, untuk mendapatkan 1 liter minyak wangi bunga mawar, diperlukan sekitar 600kg bunga mawar.

fragonard ini membeli bahan-bahan pembuatan wangi-wangian ini dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.


SI HIDUNG SUPER

di dalam sebuah pabrik wangi-wangian, ada orang-orang yang memiliki pekerjaan unik dan sangat penting. mereka disebut SUPER NOSE aliaz hidung super. yang bertugas untuk meracik wangi-wangian. mereka jugalah yang mencampur-campurkan berbagai macam jenis wangi-wangian sehingga terciptalah jenis bau harum baru.

hanya orang yang dilahirkan dengan penciuman yang super saja yang bisa bekerja sebagai super nose. mereka juga harus bersekolah khusus untuk melatih penciuman selama 2 tahun. jumlah super nose di dunia ini paling-paling hanya 150 orang.

menariknya, untuk pekerjaan yang unik ini, super nose di bayar sangat mahal! padahal mereka hanya bekerja selama 3 jam setiap harinya. seorang super nose juga harus sangat menjaga makanan yang dikonsumsinya, karena mereka memiliki banyak pantangan makanan. misalnya saja tidak boleh makan makanan yang pedas.

0 komentar: