CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 14 Oktober 2007

IPTEK ~ imu pengetahuan dan teknologi~




JAMUR

Jamur adalah jamur. apa maksudnya???
dulu, jamur memang termasuk salah satu jenis tumbuhan. namun setelah diteliti lebih lanjut, ternyata jamur memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan tumbuhan. ia tidak bisa membuat makanan sendiri dan persediaan makanan dalam tubuhnya pun berbeda dari tumbuhan lain. karena itulah kemudian segala jenis jamur, digolongkan dalam dunia jamur. unik bukan????

untuk bisa tetap hidup, jamur harus menumpang pada makhluk hidup lain seperti hewan, tumbuhan , dan bahkan manusia. ada juga jamur yang menyerap makanan dari lingkungan sekitarnya.

satu sifat utama jamur adalah suka membusukkan segala yang dimakannya. hal itu sangat merugikan karena jamur suka membuat makanan jadi busuk. namun perlu kita sadari, bagaimana bila tidak ada jamur, maka kita tidak akan pernah tau bagaimana rasanya tape, roti, atau bahkan makanan jamur itu sendiri. dibalik sifatnya yang merugikan, ternyata jamur juga sangat menguntungkan.

misalnya dalam proses pembuatan roti atau donat. kita memerlukan ragi. ragi yang bentuknya bubuk itu, tak lain adalah kumpulan jamur super kecil. dan jamur itu membutuhkan zat gula yang ada di dalam tepung sebagai makanannya. kemudian jamur itu akan menguraikan zat gula menjadi gas karbondioksida dan alkohol. sehingga adonan bisa mengembang dan rotinya menjadi empuk dan lentur. demikian juga dengan kapang yang digunakan untuk pembuatan tempe dan oncom.

0 komentar: